Bahasa Inggris telah menjadi bahasa resmi internasional, jadi sebagai peserta didik, harus menguasai Bahasa Inggris agar bisa bersaing di dunia Internasional. Agar bisa menguasai Bahasa Inggris terlebih dalam hal pencapaian nilai yang maksimal dalam ujian nasional, peserta didik diharapkan mempelajari beberapa petunjuk berikut;
Umumnya yang akan diujikan dalam lingkup fungsi sosial adalah tentang identifikasi, perbandingan, klasifikasi, penjelasan, rincian persamaan dan perbedaan, simpulan, dan analisis aspek-aspek fungsi sosial, misalnya;
Pada lingkup struktur teks, kompetensi yang diujikan adalah tentang identifikasi, perbandingan, klasifikasi, penjelasan, rincian persamaan, rincian perbedaan, dan keterkaitan makna antar bagian teks, identifikasi rincian informasi yang terdapat dalam teks itu, seperti;
Dalam lingkup unsur kebahasaan ini, kompetensi yang diujikan adalah penguasaan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan isi teks termasuk dalam identifikasi perbandingan dan penjelasan tentang;
a. Teks Transaksional dan interpersonal
- Mengidentifikasi kisi-kisi Ujian Nasional (UN).
- Menguasai materi yang akan diujikan.
- Menguasai teknik dan strategi dalam menjawab soal-soal ujian yang dihadapi.
- Fungsi sosial.
- Struktur teks.
- Unsur kebahasaan.
Umumnya yang akan diujikan dalam lingkup fungsi sosial adalah tentang identifikasi, perbandingan, klasifikasi, penjelasan, rincian persamaan dan perbedaan, simpulan, dan analisis aspek-aspek fungsi sosial, misalnya;
- Topik
- Tujuan
- Fungsi
- Pesan
- Latar belakang (alasan)
- Akibat
- Manfaat
- Sikap (tindak lanjut setelah membaca teks)
- Peran penulis
- Peran pembaca
- Alasan dibuatnya teks
- Target pembacanya
- Konteks penggunaan (di mana, kapan, bagaimana situasinya).
Pada lingkup struktur teks, kompetensi yang diujikan adalah tentang identifikasi, perbandingan, klasifikasi, penjelasan, rincian persamaan, rincian perbedaan, dan keterkaitan makna antar bagian teks, identifikasi rincian informasi yang terdapat dalam teks itu, seperti;
- Ide utama teks
- Rincian peristiwa
- Rincian diskripsi
- Rincian langkah
- Rincian argumentasi
- Alur berfikir
- Referensi makna
- Analisis informasi yang diperoleh
- Penggunaan informasi untuk memecahkan masalah
- Simpulan berdasarkan informasi yang terdapat dalam teks
- Penerapan informasi pada konteks yang berbeda
- Akibat yang muncul terkait informasi yang terdapat dalam teks
Dalam lingkup unsur kebahasaan ini, kompetensi yang diujikan adalah penguasaan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan isi teks termasuk dalam identifikasi perbandingan dan penjelasan tentang;
- Persamaan kata (sinonim)
- Makna kata, makna frasa, dan makna kalimat
- Word order
- Article
- Pronoun
- Tense
- Kalimat pasif (passive voice)
- Referensi gramatika
- Kata depan
- Kata sambung
- Modal
- Frasa, kalimat, dan simpulan
- Kalimat pengandaian (conditional sentence)
- Level pengetahuan atau pemahaman
- Level penerapan
- Level penalaran
a. Teks Transaksional dan interpersonal
- Ungkapan meminta dan memberi maaf
- Ungkapan keharusan
- Ungkapan harapan atau doa
- Ungkapan kekaguman
- Ungkapan kegiatan yang biasa dilakukan
- Meminta ijin
- Ungkapan persetujuan dan ketidaksetujuan
- Ungkapan kepastian dan ketidakpastian
- Greeting Card
- Short Message
- Announcement
- Label
- Advertisement
- Invitation
- Letter atau E-Mail
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Source: Teropong UN 2019 untuk SMP/MTS